Adakah Benar Semua Pinjaman Online Itu Aman?

Mengenal Pinjaman Online

    Belakangan ini, masyarakat kita akrab dengan istilah pinjaman online. Pinjaman ini menawarkan kemudahan dalam memperoleh pembiayaan. Tapi, adakah benar semua pinjaman online itu aman? Tanpa BI checking, proses pengajuan yang mudah, dan jumlah pinjaman besar menjadi daya tarik yang ditawarkan platform di bidang ini.

    Tak jarang kita mendengar kasus pinjaman online. Apakah ini berarti kita harus mengabaikan pinjaman online? Bagaimana jika kita ingin memperoleh pendanaan di waktu darurat?

    Pinjaman online sendiri dapat diartikan sebagai solusi pembiayaan nonbank. Pinjaman diberikan biasanya melalui aplikasi. Proses verifikasi juga dilakukan melalui aplikasi. Hal ini memang menjadikan pengajuan pinjaman lebih mudah. Namun, hal ini sama sekali tidak berarti tidak ada risiko di baliknya.

    Anda bahkan mungkin sudah pernah mendengar banyak kasus tentang pinjaman online. Tak sedikit orang yang meminjam dengan harapan akan terbantu. Namun nyatanya, buang yang harus ditanggung jauh melebihi pinjaman pokok. Tak jarang mereka pun mendapat teror. Semua hanya karena mereka termakan iming-iming pinjaman tanpa modal.

Adakah Benar Semua Pinjaman Online Itu Aman?

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan: Mencari Platform yang Terpercaya

    Tingginya kasus pinjaman online sebenarnya memunculkan tren tersendiri. Masyarakat pelan-pelan mulai mencari penyedia pinjaman yang dapat dipercaya. Di tengah beragamnya penyedia pinjaman online, memang tak mudah mencari platform yang demikian. 

    Akan tetapi, setidaknya terdapat beberapa nama yang bisa dipercaya. Berikut kami sajikan beberapa di antaranya.

> Indodana

    Indodana merupakan salah satu platform pinjaman online yang dapat dipercaya. Platform ini menawarkan beberapa keunggulan, yakni sebagai berikut.

  • Pinjaman maksimal Rp 8.000.000
  • Tenor pinjaman maksimal 6 bulan
  • Proses pencairan yang cepat. 

    Dengan jumlah pinjaman yang cukup besar tersebut, tak heran jika banyak orang mengajukan pinjaman di tempat. Ini. Pengajuan pinjaman sendiri dapat dilakukan pada halaman ini

> Kredivo

    Kredivo merupakan platform pinjaman online yang cukup terkenal. Platform ini memulai kiprahnya di platform belanja online. Adapun jumlah pinjaman maksimal yang ditawarkan adalah 30.000.000 dengan tenor pinjaman selama 6 bulan. 

    Daya tarik utama yang ditawarkan platform ini terletak pada bunganya. Dengan bunga 0% dan dana yang bisa cair dalam 1 hari, Anda bisa memperoleh pinjaman uang tunai pribadi dari platform ini.

> Digibank

    Digibank merupakan platform pinjaman online yang berasal dari bank. Tak heran jika jumlah pinjaman yang ditawarkan cukup tinggi. Dengan jumlah pinjaman maksimal Rp 30.000.000 dan 36 bulan pinjaman, Digibank menjadi salah satu platform pinjaman uang terbaik di Indonesia saat ini.

    Selain itu, fitur unggulan lain yang dapat Anda nikmati adalah proses verifikasi yang cepat. Dalam kurang dari 2 menit, verifikasi dapat selesai dilakukan.

Tips memilih platform yang sesuai

    Di tengah beragamnya platform peminjaman online tersebut, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Tips ini penting agar Anda terlindungi dalam melakukan pinjaman.

1. Terdaftar di dan diawasi oleh OJK
Melakukan pinjaman tidak ubahnya dengan investasi. Ketika kita berbicara tentang melakukan pinjaman, ada beberapa tips memilih tempat investasi aman yang juga dapat kita terapkan. Dalam hal ini adalah pengawasan dari OJK.
OJK merupakan lembaga negara yang ditugaskan mengawasi lembaga perbankan dan keuangan. Dengan kata lain, jika pemberi pinjaman terdaftar di OJK, maka dapat dipastikan lembaga tersebut beroperasi sesuai dengan ketentuan undang-undang.

2. Skor kredit
Pastikan platform pinjaman telah menerapkan skor kredit dalam memberikan pinjaman. Anda bisa memastikan hal ini dengan mengecek perihal platform terkait menggunakan BI checking atau tidak.
BI checking sendiri merupakan sebuah tindakan yang dilakukan Bank Indonesia. Tindakan ini menilai kualitas pembayaran kredit oleh anggota masyarakat. Jika platform tidak menggunakan BI checking dan skor kredit, Anda punya alasan kuat untuk waspada.
Biasanya, platform ini hanya peduli tentang menarik bunga pinjaman setinggi-tingginya. Platform seperti ini juga yang kerap menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Jadi selalu berhati-hati.

3. Ajukan pinjaman sesuai kebutuhan
Daftar terlebih dahulu kebutuhan Anda sebelum melakukan pinjaman. Jangan melakukan pinjaman di luar kebutuhan. Pilah kebutuhan prioritas dari sekadar gaya hidup agar tidak membebani pengeluaran Anda untuk membayar cicilan.

Simpulan

    Memilih platform pinjaman online yang tepat sangat penting. Inilah jawaban dari pertanyaan adakah benar semua pinjaman online itu aman? Dengan platform pinjaman yang tepat, Anda setidaknya akan terhindari dari berbagai kasus yang kini kerap menimpa beragam kalangan masyarakat.

    Selain itu, sebelum Anda meminjam, pertimbangkan opsi pembiayaan lainnya. Jika memungkinkan, manfaatkan asuransi untuk hal-hal yang ditanggung polis, seperti kesehatan. 

    Di samping itu, kartu kredit juga bisa dijadikan alternatif. Namun, Anda tetap harus bijak menggunakan kartu kredit. Pastikan penggunaan Anda masih berada dalam limit kartu kredit. Perhatikan pula kebutuhan pinjaman yang Anda ajukan dengan kebutuhan Anda yang sebenarnya.

    Sebagai penutup, dapat dikatakan bahwa akan selalu ada risiko dalam pinjaman online. Tidak semua platform aman dari risiko, tapi bukan berarti tidak ada platform yang dapat dipercaya. Pilih dan pilah platform sesuai risiko dan kebutuhan Anda, di samping peraturan yang berlaku. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari berbagai risiko.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara-cara mudah untuk mendapat uang tambahan, UangPro ada caranya di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top