Cara Mengatur Kartu Kredit

Sudah tidak asing lagi kalau pembiayaan dengan kartu kredit cukup membantu. Dengan tingkat bunga rendah setara dengan cara mengatur kartu kredit, alternatif ini menawarkan kesempatan untuk mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik. Selain itu, jenis pinjaman juga sangat bervariasi. 

Mulai dari pembiayaan properti, produk otomotif, peralatan elektronik, hingga kebutuhan pribadi tersedia dengan lengkap. Adapun masa tenor pinjaman yang ditawarkan juga beragam. Ada yang ditawarkan dengan tenor 1 bulan. Namun ada pula yang ditawarkan hingga mencapai 20 tahun seperti pada pembiayaan perumahan.

    Dengan fitur tersebut, kartu kredit mampu menjadi alternatif pembiayaan. Meski tidak tergolong cara mencari uang lewat internet, namun keberadaannya cukup membantu. 

Mengenal kartu kredit: antara pinjaman uang tanpa jaminan, risiko, dan manfaatnya

    Meski terbukti mampu membantu keuangan pribadi, namun bukan berarti kartu kredit tidak berisiko. Nyatanya, banyak orang mengalami kasus kredit macet. Hal ini terjadi ketika pengaju pinjaman tidak mampu membayar tagihan pembiayaan yang diberikan. Hal ini terjadi karena pengaturan kartu kredit yang tidak tepat. 

    Oleh karena itu, ada baiknya masyarakat mengetahui cara mengatur kartu kredit dengan tepat. Dengan demikian, manfaat dari kartu kredit dapat dioptimalkan sebesar mungkin. 

Pemberi pinjaman

    Hal pertama yang perlu diketahui tentang kartu kredit adalah kartu kredit bukanlah cara mendapatkan uang tanpa modal. Modal tetap diperlukan. Dalam hal ini, modal yang diperlukan adalah kemampuan pengaju pinjaman untuk membayar kembali pinjaman yang diberikan berikut bunganya. 

    Di masyarakat kita sendiri saat ini, terdapat beberapa pihak yang mampu memberikan pinjaman. Pihak-pihak tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Online

Pinjaman online adalah pinjaman yang diberikan pengelola situs atau aplikasi kepada masyarakat. Keputusan pemberian pinjaman dilakukan berdasarkan algoritma tertentu yang dimiliki pengembang. Namun, tidak semua kredit online terbukti aman.

  1. Bank

Bank merupakan salah satu lembaga keuangan konvensional dalam pemberian kartu kredit. Tingkat suku bunganya yang mengikuti suku bunga acuan bank sentral kerap menjadikan bank sebagai salah satu pemberi kredit yang baik. 

  1. Pribadi

Selain kartu kredit, pinjaman juga dapat diperoleh dari pribadi. Namun, kelemahan cara ini adalah bunganya yang bebas ditentukan pemberi pinjaman. 

Jenis pinjaman

    Secara umum, jenis pinjaman dapat dibedakan ke dalam pinjaman usaha dan pribadi.

  1. Pinjaman usaha adalah pinjaman yang dilakukan atas nama usaha. Pinjaman ini diperuntukkan demi pengembangan usaha. Syarat pengajuannya pun berbeda dengan pinjaman pribadi. Metode ini dapat digunakan ketika bisnis online gratis tanpa modal langsung dapat uang membutuhkan suntikan dana.
  2. Pinjaman pribadi merupakan pinjaman yang mengatasnamakan diri pribadi. Nominal pinjaman yang diizinkan biasanya jauh di bawah pinjaman usaha.

Pemberi pinjaman online

    Salah satu cara mengatur kartu kredit adalah mengetahui dengan rinci pihak pemberi pinjaman. Saat ini ada banyak pihak pemberi pinjaman, termasuk di dunia digital. Bukan hanya bank, melainkan juga pemberi pinjaman online. Dengan maraknya perusahaan pembiayaan digital saat ini, menemukan pihak pemberi pinjaman terpercaya seolah-olah menjadi sulit.

    Namun, ada satu tips sederhana yang dapat digunakan. Dalam mengunjungi situs pemberi kredit online, pastikan pemberi kartu kredit telah terdaftar di OJK. Dengan demikian, kita dapat terhindar dari tindakan pemerasan hingga penipuan.

Cara mengenal pemberi pinjaman online terpercaya

    Di tengah maraknya pemberi pinjaman online, ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk menentukan pemberi pinjaman terpercaya. Berikut beberapa di antaranya. 

  1. Situs harus mencantumkan bahwa mereka tercatat di dan diawasi oleh OJK.
  2. Situs harus memiliki kantor fisik dengan alamat yang jelas dan alamat email yang jelas.
  3. Situs harus memiliki reputasi yang baik terutama di forum-forum ulasan pengguna layanan pembiayaan kredit. Jangan pinjam uang tanpa jaminan jika tidak disertai bukti kredibilitas yang kuat.

Syarat pengajuan pinjaman

    Cara pengaturan kartu kredit berikutnya terletak pada pengajuan pinjaman. Pengajuan pinjaman yang diawasi dengan syarat pengajuan yang ketat setidaknya akan membantu kita dalam mencegah pengeluaran yang terlalu besar. 

    Adapun pinjaman yang baik biasanya harus memenuhi persyaratan berikut

  1. Pinjaman kartu kredit yang baik adalah pinjaman yang tidak mensyaratkan jaminan
  2. Bunga rendah, di bawah 3% per bulan.
  3. Tergantung kebutuhan dan penggunaannya, dapat digunakan sebagai cara dapat uang cepat dalam sehari.
  4. Sebaiknya pinjaman kredit diperoleh dari bank-bank yang telah terdaftar dan diawasi OJK.

    Jika syarat-syarat tersebut dipenuhi, maka kita bisa menggunakan dan mengatur kredit dengan baik. Kredit yang kita peroleh dipastikan aman dan nyaman. Selain itu, pembiayaan yang kita peroleh dapat digunakan untuk mendorong aktivitas sehari-hari. Baik dalam lingkup keluarga, usaha, pendidikan atau apapun juga, kredit bisa digunakan untuk mencapai impian.

Simpulan

    Jika diatur dengan baik, kartu kredit dapat digunakan untuk mencari uang tambahan. Namun, pengelolaannya harus dilakukan dengan ketat dan efektif. Hal ini perlu agar pembiayaan kartu kredit tidak justru membebani keuangan pribadi. 

    Pengelolaan cara mengatur kartu kredit yang dimaksud tidak hanya terkait mengatur jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Pengelolaan kartu kredit juga terkait penentuan jumlah kartu kredit yang dimiliki, pihak pemberi pinjaman, tingkat suku bunga, tenor pinjaman, dan lain sebagainya. 

    Seluruh hal ini harus dikelola dengan baik. Dengan demikian, kartu kredit dapat benar-benar menjadi solusi peminjaman

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara-cara mudah untuk mendapat uang tambahan, UangPro ada caranya di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top