Kunci Orang Sukses Mengatur Uang untuk Tingkatkan Uang Lagi

Ada banyak cara untuk menjadi sukses. Namun, salah satu kunci Orang Sukses Mengatur Uang untuk Tingkatkan Uang Lagi menuju kesuksesan terletak pada kemampuan kita dalam mengatur uang.

    Pengaturan keuangan sendiri tidak hanya terkait dengan uang masuk dan keluar. Pengelolaan atau pengaturan uang juga terkait dengan pengaturan risko. Pengaturan uang terkait risiko di masa kini dan mendatang. Hal inilah yang menjadi cara orang sukses mengatur uang. Mereka tidak menempatkan uang sebagai objek tabungan, tetapi alat investasi.

    Oleh karena itu, jika Anda ingin sukses seperti mereka, Anda pun harus mengikuti cara mereka. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatur uang.

Kunci Orang Sukses Mengatur Uang untuk Tingkatkan Uang Lagi

    Pengaturan uang seperti yang dilakukan orang sukses terletak pada pengaturan risiko. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan.

Perlakukan uang sebagai alat investasi

    Langkah pertama yang dilakukan orang sukses adalah mengubah pola pikir terkait uang. Saat ini, masih banyak orang berpikir uang hanya sebagai alat untuk ditabung. Semakin banyak tabungan, maka semakin sukses dan cerah pula masa depannya. 

    Hal ini tidak berlaku bagi orang sukses. Bagi mereka, uang tidak sekadar tabungan. Bagi mereka, uang merupakan alat untuk membangun masa depan. Mereka sadar betul pengaruh inflasi. Mereka sadar betul bahwa inflasi akan menjadikan nilai uang saat ini berkurang di masa depan. 

    Oleh karena itu, mereka memilih untuk setidaknya menjaga nilai tersebut dan bahkan meningkatkannya di masa depan. Hal inilah yang menjadi tujuan investasi. Dengan demikian, ketika jumlah uang yang sama habis di masa depan, namun tidak bagi mereka. 

    Terkait hal ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  1. Menabung di deposito adalah langkah sederhana dalam investasi. Dengan deposito, Anda bisa menabung sekaligus berinvestasi karena tingkat bunga tabungannya yang lebih tinggi daripada tabungan biasa.
  2. Jangan menaruh semua dana sebagai investasi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

Berinvestasilah di beberapa instrumen

    Setelah mengembangkan pola pikir uang sebagai alat investasi, langkah berikutnya adalah memilih instrumen investasi. Saat ini ada beragam cara investasi yang dapat dipilih. Cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Saham 

Saham dipilih karena mampu memberikan hasil dalam tempo relatif cepat. Saham dapat diperoleh hasilnya dalam waktu kurang dari setahun. Hal ini karena pergerakan harga saham terjadi cukup cepat.

2. Deposito

Deposito merupakan alternatif investasi bagi mereka yang masih ingin menabung. Bunganya yang lebih tinggi daripada bunga tabungan biasa menjadikan metode ini cukup diminati.

3. Emas

Emas merupakan metode investasi berikutnya. Harganya yang cenderung naik dari waktu ke waktu membuat banyak orang memilih cara ini. Kebanyakan orang memilih berinvestasi dalam bentuk batangan emas. Namun, ada pula yang memilih dalam bentuk perhiasan. Meski demikian, harga yang diperlukan untuk berinvestasi emas cenderung tidak sedikit.

4. Properti

Jika Anda memiliki dana yang cukup, properti dapat dijadikan pilihan investasi berikutnya. Kebutuhan akan tempat tinggal yang menjadi kebutuhan primer manusia merupakan dasar di balik investasi ini. Kebutuhan ini akan selalu ada dan waktu ke waktu. Jumlahnya yang terbatas sementara tingkat permintaannya tinggi membuat investasi properti dapat memberikan imbal hasil yang tinggi.

5. Obligasi negara

Pemerintah negara yang aktif melakukan pembangunan biasanya membutuhkan dana. Ada beragam cara yang dapat ditempuh untuk memperoleh dana tersebut. Salah satunya adalah obligasi negara.

Secara sederhana, obligasi negara merupakan surat utang yang dikeluarkan negara kepada investor, baik pribadi maupun lembaga. Untuk menarik minat investor, pemerintah biasanya memberikan iming-iming berupa bunga pinjaman. Inilah yang menjadikan obligasi negara sebagai salah satu instrumen investasi. 

Jumlah suku bunga obligasi juga biasanya cukup besar. Jadi, jika Anda memiliki dana yang cukup, metode investasi ini dapat dipilih sebagai alternatif yang tepat. 

    Ketika Anda melakukan investasi, maka pertanyaan berikutnya adalah pajak. Saat ini, sebagian besar pemerintah negara-negara memperlakukan investasi sebagai sumber penghasilan. Akibatnya, pendapatan yang diperoleh dari investasi akan dikenai pajak atau beban biaya setara lainnya. 

    Oleh karena itu, dalam memilih investasi yang tepat, Anda harus memperhatikan besaran pajak yang dibayarkan. Penghasilan bersih yang Anda terima adalah suku bunga dikurangi pajak yang harus dibayarkan. Jadi jangan sampai pajak yang harus dibayar sama atau lebih besar dari penerimaan berdasarkan bunga. 

Simpulan

    Demikianlah cara-cara yang dilakukan orang sukses dalam mengatur keuangan mereka. Bagi mereka, pengaturan uang terkait erat dalam menjaga dan bahkan meningkatkan nilai uang di masa mendatang. Bagi mereka, cara orang sukses mengatur uang terkait erat dengan investasi. Tabungan hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, bukan masa depan. 

    Beragam metode investasi pun menjadi pilihan. Mulai dari risiko rendah hingga tinggi dijadikan sumber pemasukan. Investasi memang akan selalu berisiko. Namun semakin tinggi risikonya, semakin tinggi pula imbal hasil yang dapat diperoleh. Meski demikian, seluruh risiko harus dikelola dengan baik. Semua dilakukan semata-mata untuk memperoleh hasil yang optimal di masa depan.    Jadi, jika Anda ingin sukses, ada baiknya untuk beralih ke investasi. Inilah cara terbaik membangun portofolio keuangan yang sukses. Dengan investasi, Anda bisa mengatur uang dengan optimal.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara-cara mudah untuk mendapat uang tambahan, UangPro ada caranya di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top