Menguak Rahasia YouTube Penghasil Uang

Dengan banyaknya tokoh terkenal dunia yang sukses meraup kesuksesan dari YouTube, tak heran jika banyak orang kemudian beralih ke platform satu ini. Perlahan tapi pasti, stigma YouTube penghasil uang mulai melekat pada media sosial yang satu ini. Banyak orang pun berdatangan sekadar untuk mencari tahu cara mendapatkan uang dari YouTube karena dengan menguak rahasia Youtube sebagai Penghasil Uang.

Menelaah YouTube

Sebelum dikenal dengan jargon YouTube penghasil uang, YouTube merupakan sebuah komunitas berbagi video. Disini beragam pencipta konten hadir dengan konten masing-masing. Dari aspek jenis konten pula, kita dapat membagi beragam golongan pencipta konten di platform ini, mulai dari pemberi ulasan, gaya hidup, hiburan, panduan, kecantikan, olahraga, unboxing, dan lain sebagainya.

5 Rahsia Youtube Penghasil Uang

Cara menghasilkan uang di YouTube pun sedikit berbeda dengan cara mendapatkan uang dari blog. Pada umumnya, cara yang paling umum digunakan adalah dengan menempatkan iklan di video. Iklan ini akan ditempatkan setelah kanal YouTube milik sang pencipta konten telah memenuhi syarat Google AdSense yang ditetapkan oleh Google.

Setelah persyaratan dipenuhi, Google kemudian akan memilih iklan yang akan ditempatkan di video pada kanal tersebut. Pemilik kanal kemudian akan memperoleh penghasilan berdasarkan jumlah tayangan video yang berisi iklan dan/atau jumlah klik yang dibuat terhadap iklan yang ditayangkan.

Selain itu, terdapat pula empat cara mendapatkan uang dari YouTube selain AdSense lain yang dapat ditempuh oleh pencipta konten untuk memperoleh penghasilan.

  1. Pencipta konten dapat menjalin kerjasama sponsor dengan menyajikan informasi tentang suatu pihak, produk, atau jasa dengan imbalan tertentu
  2. Pencipta konten dapat menggunakan produk tertentu di videonya dengan imbalan tertentu
  3. Pencipta konten dapat menayangkan video dari pihak rekanan dengan imbalan tertentu
  4. Pencipta konten dapat membuat video ulasan tentang suatu produk atau layanan dengan imbalan tertentu

    Dengan kata lain, seluruh cara untuk memperoleh penghasilan tersebut melibatkan konten berupa video. Hal ini sejalan dengan sifat YouTube yang berupa komunitas berbagi video itu sendiri. Oleh karena itu, hingga kini belum ada ketentuan perihal cara mendapatkan uang dari YouTube tanpa upload video. 

Secara umum, kebaikan dan keburukan YouTube adalah sebagai berikut.

> Kebaikan

  1. Menekankan pada kreativitas pencipta konten
  2. Potensi penghasilan tidak terbatas
  3. Cakupan penonton global

> Keburukan

  1. Hanya mendukung konten video
  2. Tidak semua konten dapat ditempatkan iklan

Syarat yang ketat

Hal lain yang perlu diketahui terkait cara mendapatkan uang dari channel YouTube tentunya adalah ketentuan yang berlaku di YouTube itu sendiri. Setidaknya ada beberapa ketentuan mendasar yang harus dipenuhi bahkan sebelum sebuah konten video ditayangkan, jauh sebelum penempatan iklan.

Salah satu ketentuan mendasar adalah terkait lisensi. Semua konten video yang ditayangkan di YouTube harus berupa konten yang tidak melanggar ketentuan lisensi hak cipta. Terkait hal ini, konten haruslah unik atau menggunakan konten lain yang tidak memiliki hak cipta atau hak ciptanya berada dalam domain publik.

Pelanggaran atas ketentuan ini dapat berujung pada penghapusan video maupun penghentian keanggotaan kreator konten dari YouTube. Tentunya hal ini akan sangat merugikan. Oleh karena itu, sejak awal para pencipta konten sudah diingatkan untuk selalu menyajikan konten yang berkualitas, salah satunya dengan tidak melanggar lisensi hak cipta, baik hak cipta atas konten video, gambar, maupun audio.

Simpulan

Pada dasarnya, rahasia YouTube penghasil uang terletak pada kreativitas dan orisinalitas konten yang dihadirkan. Semakin kreatif dan inovatif, semakin banyak orang yang akan menonton video tersebut. Dengan demikian, semakin besar pula potensi penghasilan yang akan diperoleh.

Penghasilan dari video YouTube sendiri ditentukan oleh empat aspek utama: like, view, share, dan iklan atau ads. Semakin tinggi jumlah tiga unsur utama akan berdampak langsung pada semakin besar potensi video ditempatkan iklan. Inilah alasannya para YouTuber kerap menggunakan jargon ‘Please like, comment, share, dan subscribe’ di video mereka.

Dengan tingginya popularitas YouTube, tak heran jika banyak orang bergabung di tempat ini. Akibatnya, tingkat kompetisi di platform ini begitu ketat. Topik-topik populer dengan cepat digandrungi para pencipta konten. Jika tidak diiringi dengan kreativitas dan inovasi, para pencipta konten akan kewalahan.

Oleh karena itu, jika ingin sukses terus menerus di platform ini, para pencipta konten didorong untuk terus melahirkan karya yang unik dan berarti bagi komunitas. Dengan tetap berpegang teguh pada panduan dan ketentuan yang berlaku, konten-konten yang tersedia diharapkan tidak semata-mata berorientasi pada keuntungan, tapi pemberian manfaat pada komunitas YouTube itu sendiri.

Selain itu, para pencipta konten juga didorong untuk menghadirkan konten mereka secara rutin. Akan lebih baik jika konten video dihadirkan setidaknya 1 kali selama 1 minggu, daripada 4 kali selama satu minggu, tetapi minggu-minggu berikutnya tidak ada video yang disajikan.

Hal ini sejalan dengan penerapan teknik SEO yang dilakukan oleh YouTube sebagai anak perusahaan Google. Semakin rutin konten video dihadirkan, semakin aktif suatu kanal dicatat oleh YouTube. Dari sini, informasi dan video dari kanal terkait akan rutin disampaikan oleh YouTube kepada penggunanya. Alhasil, video semakin banyak ditonton dan penghasilan pun semakin besar. 

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara-cara mudah untuk mendapat uang tambahan, UangPro ada caranya di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top